ISSN 2477-1686
Vol. 8 No. 24 Desember 2022
Bobby McFerrin dan Csikszentmihalyi: Bisakah Karya Kreatif Orisinal Tanpa Pengaruh Lingkungan?
Oleh:
Laurentia Harini Tunjungsari
Fakultas Psikologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Pelantun lagu “Don’t Worry Be Happy” yang populer di tahun 1988 mempunyai kemampuan olah vokal yang luar biasa. Bobby McFerrin, demikian nama penyanyi tersebut, tidak hanya mempunyai rentang nada empat oktaf dari nada rendah ke nada tinggi, tapi juga mampu memproduksi efek polifoni. Untuk memproduksi efek polifoni itu, Bobby McFerrin berpindah-pindah dengan sangat cepat antara melodi utama lagu dan bagian lagu yang menjadi pengiringnya. Dengan kemampuan seperti itu, Bobby McFerrin disebut mampu memberikan pertunjukan seperti orkestra lengkap, namun dilakukan dengan vokalnya sendiri saja. Dalam websitenya (www.bobbymcferrin.com) tertulis bahwa ia adalah orang yang menunjukkan bahwa tidak ada yang membatasi apa yang bisa dilakukan pada vokal manusia. Selama lebih dari 4 dekade, Bobby telah mematahkan banyak aturan, dan memunculkan berbagai kemungkinan baru dalam penjelajahan musik.
Siapa yang mempengaruhi Bobby McFerrin sehingga bisa sekreatif itu? Karya-karya komposisi musik Bobby disebut terinspirasi oleh musisi dari berbagai aliran seperti Bach, Charles Ives, James Brown, Charles Parker, Jaco Pastorious, Chick Corea, dan semua suara yang pernah ia dengar atau ia imajinasikan (Biography Bobby, tt). Walau demikian, dalam perjalanan bermusiknya, Bobby McFerrin pernah secara sengaja berhenti mendengarkan musik selama sekitar 2 tahun. Ia berusaha untuk membuat dirinya steril dan dapat menemukan bunyi musik khas dirinya yang betul-betul orisinal, tanpa pengaruh style musisi lain (Bobby McFerrin, tt). Hal itu ia lakukan sebelum merekam album perdananya di tahun 1982. Apakah usahanya untuk membuat dirinya steril dan menghasilkan karya orisinal berhasil? Jika di tahun 2023 ini Anda mendengarkan album yang berjudul sama dengan namanya, Bobby McFerrin, perlu diingat bahwa lagu-lagu di album tersebut diciptakan di tahun 1982 (atau sebelumnya). Style lagu yang saat ini mungkin dianggap sudah kerap terdengar, bisa jadi merupakan suatu terobosan baru di masa tersebut.
Secara teoritis, sulit sekali untuk membuat seorang seniman betul-betul steril dan menutup kemungkinan adanya pengaruh dari orang lain. Berdasar bagan Sistem Kreativitas dari Csikszentmihalyi, terlihat bahwa dalam proses berkarya, seniman (selanjutnya disebut person) akan dipengaruhi oleh field dan domain (McIntyre, 2008a, 2008b). Field yang dimaksud adalah para ahli seni seperti seniman senior, kurator, kolektor, dan pihak-pihak lain yang secara bersama-sama menentukan arah perkembangan seni. Mereka ini dianggap sebagai pihak yang berhak menentukan seni mana yang layak diakui di dunia seni. Pemikiran pihak ini dipengaruhi oleh lingkungan seni (society) yang lebih luas (McIntyre, 2007, 2008a, 2008b, 2016; Patton dan McIntyre, 2009). Domain adalah budaya dan kebiasaan dalam bidang tertentu, yang dapat terdiri dari aturan, prosedur serta instruksi yang dianggap tepat (Paton dan McIntyre, 2009). Csikszentmihalyi menggunakan istilah kumpulan informasi untuk menjelaskan makna domain. Domain dalam bidang tertentu dipengaruhi oleh budaya masyarakat yang lebih luas. Di sisi lain, person (seniman) dalam berkarya juga dibayangi oleh pengaruh latar belakang keluarga.
Segitiga hubungan yang terbentuk antara person (seniman), field (ahli seni), dan domain (informasi tentang aturan dalam bidang seni) secara keseluruhan menjelaskan bagaimana kreativitas dalam penciptaan karya seni berjalan. Dalam bidang seni, Person atau seniman berkarya dengan dipengaruhi oleh ahli-ahli seni lain yang dianggap menentukan apa yang baik dan tidak, dan juga dipengaruhi oleh informasi aturan berdasar style aliran seni yang dipilihnya. Tidak hanya dipengaruhi, di sisi lain person (seniman) juga mempengaruhi field dan domain.
Bobby McFerrin awalnya dikenal sebagai musisi jazz, dengan kemampuan improvisasi yang amat baik. Penjelajahan pengetahuan berbagai musik dan bunyi-bunyian dari berbagai budaya di dunia telah melengkapi kamus bunyi-bunyian dalam benaknya. Pada saat memutuskan untuk menghindari mendengar lagu dari musisi lain selama dua tahun (Biography Bobby, tt), Bobby McFerrin berusaha untuk menyelami dirinya sendiri. Ia berusaha menciptakan cara memproduksi bunyi-bunyian menurut caranya sendiri. Jika dilihat dari Sistem Kreativitas Csikszentmihalyi, Bobby McFerrin sebagai person berusaha lepas dari aturan-aturan tentang bagaimana musik dibuat menurut aliran tertentu. Bobby McFerrin ingin menemukan aliran baru, tanpa terbelenggu dengan label sebagai musisi aliran tertentu. Bobby tidak mau terjebak dalam sub-domain aliran atau gaya tertentu tanpa ia sadari. Sayangnya hingga tulisan ini dibuat, penulis belum mendapat kejelasan apakah dalam 2 tahun itu Bobby McFerrin menutup diri dari kontak dengan para ahli musik atau tidak. Jadi tidak diketahui apakah ada hubungan antara person dan fieldnya.
Penemuan ciri khas ini tidak membuat Bobby menjauh dari aliran-aliran musik lainnya. Justru dengan pemahaman domain yang sangat luas, Bobby dapat memanfaatkan kekayaan informasi musik dan bunyi dalam dirinya untuk berkolaborasi dengan seniman dari berbagai aliran. Di tahun 1988 Bobby McFerrin mendapat empat penghargaan Grammy, antara lain dalam kategori Best Pop Vocal Performance by a male singer dan juga kategori Best Jazz Vocal Performance by a male singer (Recording academy, 2023). Ia juga terkenal sebagai musisi beatbox serta akapela (Biography Bobby, tt). Tidak hanya itu, di usianya yang ke empat puluh, Bobby McFerrin menerima tawaran menjadi konduktor orkestra musik klasik The San Francisco Symphony yang membawakan karya Beethoven.
Menelisik perjalanan berkarya Bobby McFerrin, terlihat bahwa sebagai person, Bobby sebetulnya tidak lepas dari pengaruh domain dan field. Namun dengan kesadarannya untuk tidak berada di bawah pengaruh field dan domain tanpa ia sadari, Bobby justru memanfaatkan seluruh pengetahuannya tersebut untuk berpadu secara utuh dan menjadi kekhasan dirinya. Bobby McFerrin tidak sekedar dipengaruhi domain dan field musik, namun juga memberi pengaruh besar pada field dan domain, karena ia menawarkan bentuk-bentuk baru berkesenian musik. Apa yang membuat Bobby McFerrin bisa lepas dari domain dan field yang umum membatasi musisi lain? Website Bobby McFerrin menyajikan kutipan pemikiran beliau sebagai berikut:
“.. for everything he has accomplished, Bobby always says that, above all, his goal is to bring joy”.
Dari kalimat tersebut, tampak bahwa joy atau kesenangan yang dijadikan pegangan arah Bobby McFerrin tidak terbelenggu oleh aturan-aturan bermusik. Oleh karena itulah Bobby McFerrin dapat dengan nyaman memimpin sekumpulan penonton untuk bergerak dan mengeluarkan bunyi-bunyian bersama dirinya yang menghasilkan komposisi musik yang indah secara spontan (l’elan, 2021; The Kennedy Center, 2017; Zezejederisu, 2013). Bobby McFerrin telah menjadi bukti bahwa hubungan antara person, domain, dan field tidak membuat proses kreatif dibatasi oleh aturan-aturan (domain) dan pemikiran orang-orang tertentu (field), tapi justru dapat terjadi saling pengaruh yang mengembangkan dunia seni musik lebih jauh lagi (McIntyre, 2016). Dan itu semua terjadi karena tujuan yang ditetapkan Bobby lebih dari tujuan terkait musik, tapi tujuan terkait perasaan manusia. Mari kita bergembira bersama Bobby McFerrin.
Acknowledgment: Terima kasih kepada Grace Avrat Valentina Zebua,S.Psi atas diskusinya yang menginspirasi untuk membuat tulisan ini.
Referensi:
Biography Bobby McFerrin. (n.d) diakses Desember 2022 dari www.bobbymcferrin.com
Bobby McFerrin. (n.d) diakses Januari 2023 dari https://music.apple.com/id/artist/bobby-mcferrin/63710
Csikszentmihalyi, M. (2014). The Systems Model of Creativity: The Collected Works of Mihaly Csikszentmihalyi. Dordrecht: Springer. DOI 10.1007/978-94-017-9085-7
l’elan, C. (2021). Bobby McFerrin - Circle song with the audience 2002. Diakses Desember 2022 dari https://youtu.be/6oOHuCYRXQQ
McIntyre, P. (2007). Rethinking Creativity Practice in The Lightning of Mihaly Csikszentmihalyi’s Systems Model of Creativity. Makalah dipresentasikan pada The 3rb Global Conference on Creativity Engagements - Thinking with Children, Sidney, 9 - 11 Februari 2007. Oxfordshire, Inter-disciplinary.Net.
McIntyre, P. (2008a). Creativity and Cultural Production: An Interdisciplinary Approach to Understanding Creativity Through an Ethnographic Study of Songwriting. Cultural Science Journal. 1 (2). DOI 10.5334/caci.10
McIntyre, P. (2008b). The Systems Model of Creativity: Analyzing the Distribution of Power in the Studio. Makalah disajikan di 4th Art of Record Production Conference The University of Massachusetts Lowell, 14 - 16 November 2008. Diakses Desember 2022 dari https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/33134943/ARP_08_Article_v003-libre.pdf?1393966550=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DMcIntyre_P_2008_The_Systems_Model_of_Cre.pdf&Expires=1674923714&Signature=TOSgd9vrz7Q~PyeloCp2fPWUYG5cMKcxxbm08bu~AGo3c7vOn5aT1sMwkSZadJ01zEv8GCSfPOVAn~M1LW8rT9Wz6p41L8L7FzvaedBk9u-NQb9LiTq9bz0tEqLsH~Ls2OURczrAXKeMP-H6vFp7b0PcR7FoWFTj~U8LuLk3mIc0XL0mXsvL2jSUHcRKy7Y7R7bANkp0PHNTOjQnLKyUh~Fy6kaYxcVBVGyp4JUtPlcT4v03S0gWPCK20pPWAKeVDNQwaiNwL1h-5CJC1Ndov~1~WP4dycIaQo31VMv2PJNLMypLy843Cy9c3j30JWfGchvOnmO6IlbJkctnRhknnw__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
McIntyre, P. (2016). Songwriting as a Creative System in Action. In: McIntyre, P., Fulton, J., Paton, E. (eds) The Creative System in Action. Palgrave Macmillan, London. https://doi.org/10.1057/9781137509468_4
Paton, B.,& McIntyre, P. (2009). Audio Mastering: Experimenting on The Creativity System of Music Production. Makalah dipresentasikan di The Second International Conference on Music Communication Science, 3 - 4 Desember 2009, Australia. Diakses Desember 2022 dari https://www.researchgate.net/profile/Phillip-Mcintyre/publication/264839030_AUDIO_MASTERING_EXPERIMENTING_ON_THE_CREATIVE_SYSTEM_OF_MUSIC_PRODUCTION/links/54ed11d00cf27fbfd77208b7/AUDIO-MASTERING-EXPERIMENTING-ON-THE-CREATIVE-SYSTEM-OF-MUSIC-PRODUCTION.pdf?_sg%5B0%5D=JDZYNVrxXNBbwIHbYa8pRh-ki3rbVWoUywZXqfuFqvvMTCpjsaPtDnznsyWEG-jBBVyv-I6y_BaTw_-nJGO37w_uiFDfFV3ZESk.HzphH-Kg8PdBFg-yynLlPfKHcugIvYMc6oNsHpUfqDdgnXlkpi6ATlI4VPQ9vaCSmA2q5NA9wjzdB1GqGYpyvA&origin=profileContributionsPublicationsListItem&_rtd=e30%3D
Recording academy. (2023) 1988 GRAMMY Winners: 31st Annual GRAMMY Awards. Diakses Desember 2022 dari https://www.grammy.com/awards/31st-annual-grammy-awards
The Kennedy Center. (2017). Bobby McFerrin - LIVE Improvisation at The Kennedy Center. Rekaman pertunjukan di the Millennium Stage pada 16 Januari 2012. Diakses dari YouTube https://youtu.be/snFZFw2y9Gk
Zezejederisu. (2013). Bobby McFerrin live 2002. Diakses Desember 2022 dari https://youtu.be/U99l01J2bg0