ISSN 2477-1686

 

Vol.6 No. 02 Januari 2020

Perilaku Tidak Sehat dan Berbagai Penyakitnya

 

Oleh

Tjitjik Hamidah

Fakultas Psikologi, Universitas Persada Indonesia YAI 

 

Perilaku hidup sehat merupakan suatu hal yang sangat membutuhkan perhatian khusus dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Bila seseorang menjalani perilaku hidup yang tidak sehat, seringkali mengalami berbagai masalah penyakit Psikosomatis yang dapat mengganggunya baik dalam berfikir maupun beraktivitas sehari-hari. Berikut ini berbagai macam penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat:

Stres Berlebihan

Stres yang berlebihan dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang dan memacu resiko penyakit jantung, serta membuat tidak nyaman. Stres yang berlebihan juga memacu penuaan dini. Ibu-ibu yang memiliki anak-anak dengan penyakit kronis merupakan orang-orang yang mengalami stres, dan mengalami penuaan dini yang paling ekstrim. Untuk mengurangi stres adalah dengan menarik nafas dalam-dalam dan selalu berpikiran positif, dan luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang dapat mengurangi stress.

Minuman Alkohol

Bukan merupakan suatu kebetulan bila alkohol merupakan kabar buruk mengenai stres. Para wanita sebaiknya membatasi diri meminum minuman beralkohol. Berbagai gangguan kesehatan juga bisa timbul dari kebiasaan minum alkohol yang berlebihan. Termasuk serangan jantung, kangker hati, kanker tenggorokan, dan kanker payudara.

Kurang Bergerak

Dengan sedikit menggerakkan tubuh, dapat memperpanjang hidup serta mengurangi kelebihan berat, mengurangi stres, dan bahkan mencegah penyakit Alzheimer (demensia). Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu hanya dengan berjanji pada diri sendiri bahwa kita akan lebih aktif. Parkirlah mobil dari jauh pintu masuk, menggunakan tangga dan tidak menggunakan lift, melakukan olahraga/ senam, jalan kaki selama 30 menit atau lebih banyak selama lima kali atau lebih dalam satu minggu.

Makanan Berlemak

Lemak yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memacu kolesterol tinggi dan merangsang penyakit jantung. Biasakan diri Anda untuk mengkonsumsi makanan yang non-kolesterol dan berkadar lemak rendah. Tips: Takar asupan lemak, jangan lebih dari 10 persen (atau kurang) dari seluruh kalori.

 

Merokok

Untuk mengurangi bahaya kanker dan kerutan dini, Anda dapat mengganti rokok dengan permen karet rasa nikotin. Berdasarkan penelitian di tahun 2004, permen karet rasa nikotin memberikan hasil dua kali lipat dimana perokok berhenti merokok dibandingkan dengan keinginan/ janji si perokok untuk berhenti merokok.

Menghirup udara polusi

Polusi udara dapat menyebabkan batuk dan sakit mata/ mata perih dan hal ini berhubungan dengan serangan pada penyakit asma dan saluran pernafasan. Usahakan untuk berada di dalam ruangan sebanyak yang Anda bisa bila kadar udara sedang tinggi.

Terlalu sering kena sinar matahari

Batasi diri Anda dari sengatan sinar matahari dan gunakan tabir matahari, paling tidak yang mengandung SPF 15 untuk mencegah resiko kanker kulit dan juga kerutan.

Kurang Tidur

Kurang tidur berhubungan dengan obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi dan masalah ingatan. Singkirkan segera televisi dan benda-benda elektronik lain yang mengganggu ketenangan dari kamar tidur Anda. Tata ulang kamar tidur Anda dan ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman dengan lampu yang temaram yang membuat Anda tidur dengan nyenyak.

Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan dapat memicu kemungkinan penyakit serangan jantung, diabetes, bahkan kanker. Penelitian mutakhir menyatakan jenis diet yang dilakukan kurang penting dibandingkan dengan komitmen Anda untuk melakukan diet tersebut dengan disiplin.

Mengonsumsi Gula Berlebih

Gula yang berlebihan dapat menaikkan berat badan dan kemungkinan terserang penyakit jantung. Ahli nutrisi menyarankan untuk menjaga tambahan gula pada makanan kecil/cemilan dan kue-kue kering sampai 12 sendok teh per hari pada diet berkalori 2200. Selain itu ganti makanan yang manis-manis dengan buah-buahan dan sayuran segar.

Berdasarkan uraian terkait berbagai penyakit karena perilaku tidak sehat di atas, Krahn (1999) menjelaskan bahwa perilaku tidak sehat dipengaruhi oleh ketidak pedulian individu terhadap perilaku yang tidak sehat, kecenderungan untuk mencapai hasil yang diharapkan dalam waktu singkat dan kurangnya perhatian individu terhadap nasehat yang diberikan oleh ahli kesehatan. Oleh karenanya, pole hidup yang sehat dan perilaku hidup sehat yang mengikutinya perlu berjalan beriringan untuk memiliki kehidupan yang sehat fisik dan psikologis, sehingga berpotensi untuk hidup umur panjang, sehat dan Bahagia.

 

 

Referensi:

https://amaliabin.wordpress.com/2014/12/29/materi-sku-penyakit-infeksi-degeneratif-dan-penyakit-yang-disebabkan-perilaku-tidak-sehat/

Krahn. (1999). What we know about unhealthy behaviour and how you can change them. Diunduh dari www.thedoctorwillseeyounow.com