ISSN 2477-1686

Vol.2. No.9, Mei 2016

Resensi Buku Kode Etik Psikologi dan Aplikasinya Di Indonesia 

Karel Karsten Himawan

Fakultas Psikologi, Universitas Pelita Harapan

Tantangan Psikologi Saat Ini

Peran psikologi dalam dinamika masyarakat di Indonesia semakin mendapat perhatian khusus. hal ini tampak dari semakin banyaknya mahasiswa yang berminat kuliah di Fakultas Psikologi, semakin besarnya permintaan masyarakat akan layanan psikologi dalam berbagai konteks, dan semakin banyaknya psikolog yang berpraktik di berbagai institusi kesehatan, termasuk puskesmas dan rumah sakit.

Mengingat natur pekerjaannya sebagai profesional, diperlukan standar perilaku yang sesuai dengan ekspektasi masyarakat terhadap profesi psikolog. Hal ini penting untuk mengantisipasi malpraktik yang dapat berdampak pada kesejahteraan psikologis seseorang. Standar perilaku ini kemudian tersusun dalam bentuk kode etik profesi.

Persoalan Etika

Sama halnya dengan ilmu pengetahuan, etika hanya dapat dimiliki oleh mahkluk hidup yang mampu berpikir kompleks dan mengembangkan logika yang berdasarkan hubungan sebab-akibat yang kontekstual. Objek utama dari studi etika adalah moral, sehingga, selain mengisyaratkan kemampuan berpikir logis, etika hanya dimiliki oleh mahkluk hidup yang bermoral – yaitu manusia.

Berbeda dengan kebanyakan ilmu pengetahuan, sekalipun etika menentukan benar dan salah dari suatu perilaku, tidak ada satu standar pasti dalam penentuannya. Etika tidak selalu objektif dan mengandalkan fakta-fakta dalam menentukan benar dan salahnya suatu perilaku. Jika dalam ilmu fisika nilai percepatan gravitasi selalu 9,80665 m/s2, dalam matematika nilai π pasti 3,1416, tidak ada satu nilai pasti untuk etika. Misalnya saja, bagi sebagian orang, menegur secara langsung ketika mendapati suatu kesalahan pada orang tersebut dianggap perilaku tidak etis, sementara bagi sebagian orang lainnya hal tersebut adalah bentuk perilaku asertif yang dianggap wajar. Walau demikian, sekalipun etika berada di wilayah abu-abu, ketika kita jeli dalam mengaitkan konteks dan mengenal prinsip-prinsipnya, etika dapat memberikan warna yang hitam-putih dalam keabu-abuannya.

Diperlukannya Standarisasi Dalam Mengatur Etika

Karena etika merupakan bagian dari kehidupan yang mengatur tentang kesesuaian seseorang bertindak dalam bermasyarakat, maka perlu ada standar yang menjadi acuan dalam menentukan perilaku etis dan tidak etis pada masing-masing bidang pekerjaan. Secara khusus pada profesi psikologi, kode etik yang mengatur tentang praktik profesional seorang ilmuwan maupun profesi psikologi diatur pada masing-masing asosiasi yang menaunginya. Di Amerika, kode etik psikologi mengacu pada kode etik yang dirumuskan oleh American Psychological Association (APA). Di Indonesia, segala praktik profesional psikolog dan ilmuwan psikologi diatur dalam kode etik psikologi yang dirumuskan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Pentingnya pembelajaran mengenai kode etik profesi juga membuat mata kuliah Kode Etik Psikologi menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil oleh setiap mahasiswa psikologi.Oleh karena itu, dengan disusunnya buku ini, diharapkan kebutuhan akan referensi yang kontekstual tentang aplikasi Kode Etik Profesi Psikologi di Indonesia dapat terpenuhi, sehingga pembelajaran tentang Kode Etik Psikologi dapat lebih komprehensif, sistematis, dan kontekstual, guna membentuk karakter seorang calon psikolog dan ilmuwan psikologi yang berintegritas dan kelak mampu memberikan layanan profesional yang sesuai kepada masyarakat. 

Dalam buku ini, akan diulas berbagai dasar filosofi tentang jenis-jenis etika. Karena persoalan etika pada akhirnya sangat berpusat pada tiap-tiap individu yang meinterpretasikan situasi tersebut, maka berbagai analisa tentang kasus-kasus praktis dalam buku ini dibiarkan terbuka, sehingga dapat didiskusikan bersama sehingga mampu mengaplikasikan pemahamannya dalam permasalahan konkret. 

Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup:

1.     Etika

2.     Kode Etik Psikologi

3.     Kompetensi

4.     Hubungan Antarmanusia

5.     Kerahasiaan Data

6.     Iklan dan Pernyataan Publik

7.     Pendidikan dan Pelatihan

8.     Penelitian dan Publikasi

9.     Psikologi Forensik

10. Asesmen Psikologi

11. Intervensi Psikologi

Link untuk mengakses buku: http://penerbitsalemba.com/v3/book-display.php?id=527