ISSN 2477-1686

Vol.2. No.8, April 2016

Liputan Konferensi Nasional

Peneliti Muda Psikologi Indonesia

Subhan El Hafidz

Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

UHAMKA Jakarta, Konferensi nasional yang dikhususkan untuk para peneliti muda, yaitu mahasiswa (S1) dan freshgraduate, untuk mendiseminasikan hasil penelitiannya telah berhasil dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi UHAMKA sebagai host pada 8-9 April 2016. Kegiatan ini menghadirkan lebih dari 160 abstrak hasil penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa, baik penelitian yang bersifat empiris maupun non-empiris. Para peneliti muda dengan semangat tinggi saling berbagi hasil penelitian yang mereka lakukan sebelumnya dan berinteraksi secara positif agar terbentuk kerjasama riset dimasa yang akan datang.

Konferensi yang tahun ini mengambil tema “Peran Psikologi untuk Masa Depan Indonesia” dirasa sangat cocok bagi para peneliti muda agar sejak awal para peneliti muda mulai mengambil peran dalam membangun bangsa. Tentu saja peran yang dimaksud bukanlah peran yang asal-asalan namun peran yang dihasilkan dari kajian sistematis melalui riset. Dengan demikian, ide mengenai masyarakat dan pembangunan berbasis riset semakin menemukan wujudnya.

Dalam konferensi kali ini, panitia juga menerima full paper yang cukup signifikan yaitu sejumlah 98 artikel lengkap. Jumlah ini sangat fantastis mengingat dalam beberapa konferensi, full paper yang dikirim umumnya kurang dari 50% dari abstrak yang diterima. Hal ini menunjukkan sesuatu yang membanggakan karena budaya menulis pada mahasiswa justru sangat tinggi dengan tingginya artikel lengkap yang dikirim ke panitia sebelum batas waktu terakhir pengiriman artikel lengkap.

Artikel Terbaik dan Peneliti Muda Terbaik

Sejumlah 98 artikel tersebut tersebut kemudian dipilih 10 artikel yang akan masuk dalam prosiding dan dikategorikan sebagai artikel terbaik. Pemilihan 10 artikel dilakukan oleh tim reviewer yang menyeleksi berdasarkan kesiapan sebuah artikel untuk dimuat. Pada seleksi ini, pemilihan artikel lebih pada kesiapan sebuah artikel untuk dimuat dalam prosiding baik dari konten maupun dari tampilan (gaya penulisan) bukan dari signifikansi sumbangan yang dapat diberikan dari hasil penelitian.

Selain pemilihan artikel terbaik, panitia juga melakukan seleksi terhadap CV yang masuk untuk dipilih tiga peneliti muda terbaik. Aldani Putri Wijayanti dari Universitas Diponegoro, Mar’atus Ratna Kurnia dari Universitas Negeri Malang, dan Usman dari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA berhasil menyandang gelar peneliti muda terbaik. Penilaian, diantaranya, didasarkan pada pengalaman riset yang pernah dilakukan dan persepsi diri mengenai sumbangan yang akan diberikan bagi bangsa.

Sinergi antar Universitas

UHAMKA sebagai penyelenggara kegiatan ini didukung oleh Asosiasi Psikologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APSI PTM) dan Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara (KPIN) dalam peyelenggaraannya. Kedua institusi ini ikut membantu melalui orang yang ditugasi sebagai reviewer abstrak maupun juri pemilihan peneliti muda terbaik. Selain itu, kedua organisasi ini juga turut serta memeriahkan acara dengan mengadakan workshop pra-konferensi.

Adapun workshop pra-konferensi yang diadakan adalah, workshop Social Network Analysis yang diadakan bekerjsama dengan Ikatan Psikologi Sosial (IPS) Indonesia, Workshop Analisa Tafsir yang didukung oleh APSI PTM, dan Workshop How to Be A Great Fresh Graduate yang dilakukan dengan kerjasama KPIN. Adapun kegiatan lain yang dilakukan bersamaan dengan ini adalah rapat dua bulanan KPIN yang diadakan setelah sesi workshop KPIN.

Rencananya, kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun. Diharapkan, tahun depan kegiatan ini akan diikuti oleh lebih banyak peserta dari berbagai institusi. Selain itu, kerjasama riset dan jejaring riset juga diharapkan sudah mulai terbentuk jauh lebih awal, yaitu sejak mahasiswa.