ISSN 2477-1686

                                                                                       Vol.4. No.18 September 2018

Bedah Buku Psychology for Daily Life 2 

Oleh

Gita Widya Laksmini Soerjoatmodjo

Program Studi Psikologi, Universitas Pembangunan Jaya

 

Hari ini, Rabu 19 September 2018, Program Studi Psikologi bekerjasama dengan bagian Perpustakaan Universitas Pembangunan Jaya menyelenggarakan kegiatan Book Discussion dan Meet the Authors membedah buku Psychology for Daily Life 2. Buku ini merupakan bunga rampai artikel psikoedukasi ilmiah populer karya Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara (KPIN) dimana mahasiswa dan dosen Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya terlibat di dalamnya. Dimoderatori oleh M. Syafiq Kumala dari Perpustakaan UPJ, acara ini menghadirkan Gita Soerjoatmodjo sebagai editor dan Koordinator Buletin KPIN 2018-2020, Clara Moningka sebagai dosen penulis dan Mellia Ikkiu, Maddina Ramadhani serta Olivia Ariantje Josephine sebagai mahasiswa penulis.

 

Dalam kegiatan ini, M. Syafiq menggali tentang isi dari artikel karya para penulis dan proses penulisan artikel-artikel tersebut. Clara Moningka berbagi tentang inspirasi yang diperoleh dari pengamatan terhadap keseharian serta mengupas tentang peran dosen untuk terus mempublikasikan karya guna pengembangan karir akademik. Para mahasiswa berbagi pengalaman bagaimana tugas kuliah dapat diolah lebih lanjut menjadi artikel. Dalam kesempatan ini, Mellia Ikkiu berbagi cerita bagaimana ia terinspirasi dengan film yang ia tonton. Mendengarkan curhat sederetan teman yang kuliah sambil magang, Maddina Ramadhani mendapatkan inspirasi untuk menulis tentang bagaimana mahasiswa mengatasi tekanan terkait dengan peran ganda tersebut, sedangkan Olivia Ariantje Josephine yang sempat tersengat mendengar komentar bahwa perempuan tidak perlu bekerja cukup di rumah saja membuatnya dirinya terinspirasi untuk menulis artikel. Semua penulis memiliki pengalaman serupa yang menyatukan mereka semua yaitu tulislah hal-hal yang diminati dan disenangi. Tak ketinggalan, semua penulis pun berbagi bahwa proses menulis tidaklah hal yang sekali jadi tetapi merupakan pergulatan panjang mulai dari menemukan ide sampai penyuntingan berulang-ulang kali. 

 

Selain itu, mahasiswa penulis juga berbagi pengalaman bahwa kegiatan ini berkontribusi pada pencapaian poin yang signifikan untuk Jaya Soft Skills Development Program (JSDP) yaitu program kompetensi non akademik. Tak hanya itu, menulis ternyata juga membuahkan kebanggaan tersendiri. Begitu karya dimuat, para mahasiswa  langsung berkabar ke orang tua. Saking bangganya, para orang tua ini sontak menyebarluaskan berita gembira ke para sanak saudara melalui aneka media sosial. Sebagai tambahan karya kolaborasi Olivia Ariantje Josephine dan Clara Moningka juga mendapatkan penghargaan KPIN Award 2017 untuk kategori tulisan terpopuler dan tulisan dengan hits rata-rata per bulan tertinggi. 

 

Peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa PSI 2018. Sejak semester pertama, mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya dilibatkan dalam kegiatan akademik terjadwal seperti ini. Upaya peningkatan kualitas mahasiswa dan lulusan seperti ini terus dilakukan secara berkelanjutan sebagai upaya regenerasi para penulis muda. Harapannya adalah mereka nantinya juga dapat berkontribusi pada pengembangan psikologi di masyarakat. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian tak terpisahkan dari kerjasama strategis Program Studi Psikologi Universitas Pembangunan Jaya dengan KPIN. 

 

 

 

 

Add comment

Harap memberi komentar yang sesuai dengan artikel dan menggunakan bahasa yang sopan. Jika anda belum mendaftar maka komentar akan dimoderatori oleh admin.


Security code
Refresh