ISSN 2477-1686
Vol. 1., No. 3, Desember 2015

Ardiningtiyas Pitaloka

"Bahagia dengan Pasangan Tepat" merupakan tema Sesi Berbagi KPIN yang digelar pada hari Selasa, 20 Oktober 2015 di Fakultas Psikologi Universitas Borobudur  Tema yang menggelitik sekaligus krusial ini mampu menarik para peserta dari berbagai universitas anggota KPIN. Pembicara Yonathan Aditya Goei, Ph.D yang juga Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan, Jakarta. Total 87 peserta terdiri atas dosen dan mahasiswa anggota KPIN.

 Pembukaan acara secara resmi namun dibawakan penuh santai dan semangat oleh Dekan Fakultas Psikologi, Universitas Borobudur selaku tuan rumah, Dr.Ahmad Rusydi. Menurutnya, psikologi indigenous merupakan peluang bagi para akademisi termasuk mahasiswa untuk mengenal lebih dalam karakter bangsa dan negara Indonesia. Beragam tema tidak hanya berakar pada etnis, melainkan juga keyakinan, baik agama formal maupun agama atau keyakinan di masyarakat.

 

 "Jika ingin merasakan surga dunia, menikahlah. Jika ingin merasakan neraka dunia, menikahlah...," ujar pembicara membuka sesi. Sebagai akademisi dan praktisi, ybs memiliki pengalaman menyaksikan sekaligus membantu pasangan yang bermasalah karena bersama pasangan yang salah. Ia pun menekankan bahwa membentuk keluarga adalah menciptakan media bagi pembelajaran kehidupan generasi mendatang atau anak. Untuk itu, memilih pasangan bukanlah isu sepele. Kajian akademis telah menunjukkan penyebab sesorang memilih pasangan yang salah, tidak hanya sekali melainkan berulangkali. Hal ini seringkali tidak disadari individu yang merasa telah berganti orang, namun sebenarnya hanya berganti nama dan tetap dengan 'orang' yang sama. Individu yang tumbuh dengan orangtua yang selalu bertengkar, secara tidak sadar akan memilih pasangan mirip dengan ayah atau ibunya.

 Pembahasan tidak hanya berhenti di sini, namun semakin memancing rasa penasaran peserta, terutama mahasiswa. Hal ini terlihat saat sesi diskusi dan 'kuis' yang berhadiah voucher buku dari Rajagrafindo Persada.

 Selain memberikan dukungan berupa lima voucher buku, Rajagrafindo Persada, sebagai mitra KPIN juga memberikan dukungan dengan menyediakan stand buku dan banner acara yang cantik. Ibu Magdalena S., selaku direktur utama juga hadir di tengah acara dan memberikan sambutan inspiratif. Rajagrafindo Persada bangga menjadi mitra satu asosiasi fakultas yang memiliki semangat tinggi, baik untuk memproduksi jurnal penelitian maupun buku. Biasanya, penerbit bekerjasama dengan satu fakultas dan baru kali ini bergandengan tangan langsung dengan 13 fakultas/prodi di Indonesia.

 

Acara utama dikawal oleh moderator dari Fakultas Psikologi, Universitas Borobudur, Tri Nathalia Palupi,M.Psi.,Psikolog. Moderator penuh energik membuka hingga memimpin diskusi setelah pemaparan materi. Pembicara juga tidak kalah energik, ybs tidak hanya menjelaskan dengan dukungan slide namun juga menggambarkan bagan di satu kertas A4 untuk membantu pemahaman peserta.

 Bagi Anda yang ingin mengetahui isi lengkap materi, tunggu penayangannya dalam Jurnal Psikologi Ulayat edisi Desember 2015.

 Sampai jumpa di Sesi Berbagi KPIN mendatang!

 

http://issn.pdii.lipi.go.id/data/1446201810.png